Sunday, May 6, 2012

Profil : Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) - ITB




 
(Sekolah Teknik Elektro dan Informatika)
STEI
(Institut Teknologi Bandung) 

Oleh Asep Nurjamil (16511084) 
 

[1]. Sejarah
Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI-ITB) yang diresmikan pada 1 Januari 2006 merupakan gabungan dua departemen di ITB, yaitu Departemen Teknik Elektro dan Teknik Informatika (SK Rektor No. 012/SK/01/OT/2005). Kedua departemen ini mempunyai sejarah yang panjang dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi Teknik Elektro (EL) sejak tahun 1974, dan Teknik Informatika (IF) sejak tahun 1982.
Seiring dengan perkembangan Kurikulum 2008 dan kebutuhan masyarakat serta industri STEI ITB membuka dan menambah tiga program studi baru. Hal ini dibuktikan dengan terbitnya SK Rektor Nomor : 268/SK/K01/OT/2008 tentang Pembukaan Program Studi Sarjana Teknik Tenaga Listrik, Teknik Telekomunikasi, Sistem dan Teknologi Informasi tanggal 26 nopember 2008. Oleh karena itu saat ini STEI menyelenggarakan pendidikan sejumlah 5 (lima) Program Sarjana Teknik (S1). Selain itu STEI ITB juga menyelenggarakan Program Magister Teknik (S2) dan Program Doktor (S3).

[2]. Program Sarjana
STEI menyelenggarakan program pendidikan sarjana sebagai berikut :
  1. Sarjana Teknik Elektro (EL)
    • Rencana Studi: Teknik Elektronika
    • Rencana Studi: Teknik Kendali
    • Rencana Studi: Teknik Komputer
    • Rencana Studi: Teknik Biomedika
    • Rencana Studi: Umum (Mahasiswa dapat mendesain sendiri kurikulumnya)
  2. Sarjana Teknik Tenaga Elektrik (EP)
  3. Sarjana Teknik Telekomunikasi(ET)
  4. Sarjana Teknik Informatika(IF)
    • Rencana Studi: Sains Komputer
    • Rencana Studi: Rekayasa Perangkat Lunak
  5. Sarjana Sistem dan Teknologi Informasi(STI)
Catatan : di STEI tidak adanya jurusan yang difavoritkan, semuanya sama itulah kelebihan STEI dibandingkan dengan Fakultas lainnya.

[3]. Mata Kuliah untuk TPB-STEI

Semester I
Semester II
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1
MA1101
Calculus I
4
1
MA1201
Calculus II
4
2
FI1101
Basic Physics I A
4
2
FI1201
Basic Physics II A
4
3
KI1101
Basic Chemistry I A
3
3
KI1201
Basic Chemistry II A
3
4
KU1101
Conceptual Approach on Integrated Science
2
4
KU1201
Sciences of The Universe
2
5
KU1071
Introduction to Information Technology A
2
5
KU1001
Sport
2
6
KU102X
English
2
6
KU1011
Scientific Writing in Indonesian
2
7



7
EL1092
Fundamental of Electric Circuits
2
Total
17
Total
19

[6]. Himpunan Yang Ada di STEI
Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di STEI ada 2 yaitu HME dan HMIF.

1. Himpunan Mahasiswa Elektro (HME).
Himpunan Mahasiswa Elektroteknik ITB (HME-ITB) berdiri tanggal 5 Desember 1949. Saat itu, Fakultas Teknik masih merupakan bagian dari Universitas Indonesia di Jakarta. Afliasi resmi mahasiswa elektro berada di Himpunan Mahasiswa Bangunan Mesin dan Listrik (HMBL) bersama-sama mahasiswa Teknik Mesin. Baru pada tanggal 2 Maret 1959 Fakultas Teknik Universitas Indonesia-Bandung menggunakan nama Institut Teknologi Bandung.
Pada awalnya HME hanyalah sebuah workshop elektronika yang terbentuk dari sekumpulan mahasiswa jurusan teknik elektro yang menginginkan adanya tempat untuk berkarya dan mengerjakan hal-hal yang bersifat teknis,yang saat ini menjadi Divisi Workshop. Keberadaan HME diharapkan dapat menjadi wadah  penyalur bakat dan kreatifitas para anggotanya.
 Setelah sempat berpindah-pindah dari Student Center Barat dan Labtek III lantai 4, mulai tahun 1997 HME menempati sekretariat di basement Labtek 8. Karena ruangannya dirasa kurang luas dan menjadikan suasana anggota tidak kondusif, akhirnya HME dipindahkan ke ruangan lain yang jauh lebih besar. Ruangan ini masih terletak di basement dan berada diseberang ruangan yang lama. Sebenarnya ruangan ini adalah ruangan kelas yang berkapasitas 80 kursi. Pemberian ruangan yang luas ini karena HME diamanahi menjadi tempat server jaringan internet ITB wilayah timur yaitu NS3 dengan admin-nya adalah anggota Divisi Komputer.
Sebagai sebuah organisasi, HME memiliki Badan Kelengkapan berupa MPA (Majelis Perwakilan Anggota), BP (Badan Pengurus), Senator dan Divisi yang bersifat semi-otonom. MPA beranggotakan 3 angkatan termuda (satu angkatan diwakili oleh 5 orang) dan memiliki fungsi layaknya sebuah badan legislatif. BP sebagai pemilik fungsi eksekutif secara dominan diisi oleh mahasiswa tingkat 3. Divisi di HME terbagi menjadi 3 divisi keprofesian yaitu Divisi Workshop, Divisi Komputer dan Divisi Elektron. Tiap divisi dalam HME-ITB mempunyai arah peminatan yang berbeda-beda. Divisi Workshop merupakan divisi yang menangani masalah elektronika praktis, Divisi Komputer menangani masalah komputer dan networking sedangkan Divisi Elektron berkarya di bidang literatur dan penyumbangan ilmu pengetahuan di bidang elektronika. Selengkapnya dapat dilihat di http://hme.ee.itb.ac.id/profil/
2. Himpunan Mahasiswa Informatika (HMIF)
Himpunan Mahasiswa Informatika ITB, atau biasa dikenal HMIF ITB adalah sebuah organisasi yang beranggotakan mahasiswa ITB yang berkeprofesian keinformatikaan. Himpunan ini melingkupi mahasiswa dari program studi Teknik Informatika dan Sistem Teknologi Informasi. HMIF ITB berdiri pada tanggal 10 November 1982 dan sekarang bertempat di Labtek V Gedung Benny Subianto di ITB, Jl. Ganeca 10, Bandung.
HMIF ITB bergerak berasaskan Tri Dharma Pendidikan, yakni:
  1. Pendidikan
  2. Penelitian
  3. Pengabdian Masyarakat
Selengkapnya dapat dilihat di http://hmif.itb.ac.id/?page_id=33
[6]. Deskripsi Tingkat Kesulitan Pada Tahun Pertama (TPB)
Pada semester pertama yaitu PTI A (Pengenalan Teknologi Informasi) A dan pada semester kedua yaitu DRE(Dasar Rangkaian Elektrik).
[7]. Langkah Terbaik Menempuh TPB
Belajarlah dengan rajin dan berdoa. Semua pelajaran akan mudah jika kita mau mempelajarinya. Terasa sulit bukanya kita tidak bisa, karena kita tidak pernah mempelajarinya. Jangan jadikan mengerjakan soal UTS menjadi pengalaman pertama anda mengerjakan soal.


Sumber : Official Web STEI (http://stei.itb.ac.id)

No comments:

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives