Wednesday, May 23, 2012

Umum : Efektivitas Minggu Tenang

Di Perguruan Tinggi lazim ada break selama seminggu yang diperuntukkan untuk menenangkan kegiatan akademik sebelum ujian semester berlangsung. Waktu break tersebut umumnya disebut dengan Minggu Tenang. Selama Minggu Tenang mahasiswa diberi kesempatan untuk menggali kembali materi kuliah selama satu semester. Namun, faktanya tidak jarang beberapa mahasiswa justru menghabiskan waktu Minggu Tenang untuk melakukan aktivitas yang kurang produktif seperti bersantai-santai di rumah, full liburan dan atau menghentikan sama sekali budaya akademisnya (membaca, menulis dan diskusi). Hal tersebut mengakibatkan Minggu Tenang menjadi kurang efektif.

Pada hakekatnya Minggu Tenang dimaksudkan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa guna merefresh diri agar tenaga dan pikiran segar kembali sehingga mahasiswa menjadi lebih siap untuk menjalani ujian semester. Minggu Tenang juga dapat menjadi sebuah space untuk merefleksi pencapaian diri selama satu semester di Perguruan Tinggi. Hasil refleksi yang terlihat pada diri dapat dijadikan acuan mahasiswa untuk mengambil segala sesuatu yang baik dari semester sebelumnya dan mengambil langkah yang lebih baik untuk semester berikutnya. Untuk itu tidak menjadi soal manakala pada Minggu Tenang digunakan untuk berlibur oleh mahasiswa namun dengan tetap tidak menghentikan sama sekali budaya akademis dalam kesehariannya.

Agar Minggu Tenang dapat berlangsung efektif bagi mahasiswa ada beberapa opsi yang dapat ditempuh diantaranya. Pertama, selesaikan terlebih dahulu tugas pribadi dan tugas kuliah yang masih ada. Kedua, bagi mahasiswa yang kembali ke kampung halaman agar sekalian membawa materi kuliah yang akan di ujiankan.

Dengan begitu ketika di daerah asal dalam belajar tidak terhalang oleh ketiadaan materi kuliah yang tertinggal di indekos atau asrama. Harapannya mahasiswa lebih bijak dalam menggunakan waktu Minggu Tenang seefektif mungkin karena sejatinya Minggu Tenang bukan merupakan masa libur. Wallahu’alam.

Sumber : Sidek Ahmad, Koran Harian Jogja Edisi 23 Mei 2012

No comments:

Post a Comment

    • Popular
    • Categories
    • Archives